6 CARA CERMAT MENGATUR HASIL KERJA KERASMU

'budgetingTerkadang kamu merasa kesulitan bagaimana mengatur gaji atau penghasilan yang telah kamu dapat dari hasil kerja keras selama sebulan. Tak jarang kamu menghabiskan gaji tanpa memperdulikan rentang waktu selama sebulan kedepan. Kali ini team CityMagz akan memberikan beberapa tips untuk menyiasati cara mengatur gaji bulananmu.

Buat Anggaran Bulanan

Mulailah membuat daftar pengeluaran bulanan untuk kebutuhan menjadi dua bagian. Untuk kebutuhan primer seperti makan, ongkos bekerja, tagihan listrik/pulsa, cicilan dan lain sebagainya. Sedangkan untuk kebutuhan tersier, buatlah anggaran untuk belanja hingga nongkrong dengan teman-temanmu.

Jangan Lupa Menabung Terlebih Dahulu

Jangan lupa menabung! Sisihkan gaji sebelum kamu menggunakannya untuk keperluan sehari-hari. Hal ini berguna untuk menekan pengeluaran yang tidak terlalu penting.

Miliki Dua atau Lebih Rekening Bank

Buatlah dua rekening bank yang berbeda. Gunakan satu rekening untuk kebutuhan sehari-hari kamu seperti menerima gaji, membayar tagihan, dan belanja. Sedangkan rekening lain dapat kamu gunakan khusus untuk menabung. Buatlah jumlah minimal berapa persen yang harus kamu tabung dari gaji bulananmu.

Segera Bayar Tagihan

Bayarlah semua tagihanmu di awal mulai dari tagihan listrik, pulsa, cicilan, dan lain sebagainya. Hal ini penting agar tidak mengganggu biaya kebutuhanmu sehari-hari. Dengan memisahkan atau membayarnya terlebih dahulu tentu akan membuatmu lebih tenang ke depannya.

Buat Laporan Keuangan Harian

Simpanlah struk belanja yang kamu dapatkan setiap kali berbelanja dan catatlah semua pengeluaranmu setiap harinya. Dengan cara ini kamu dapat melihat neraca perbandingan antara pengeluaran dan pendapatan selama sebulan.

Lakukan Perbandingan

Melakukan perbandingan antara pengeluaran dengan anggaran. Hal terakhir ini wajib kamu lakukan agar mengetahui apakah pengeluaranmu sesuai dengan anggaran yang sudah dibuat atau malah lebih.

 

 

Pin It

Comments are closed.