MOROTAI ISLAND

“Sajikan Pesona Alam Bawah Laut yang Menakjubkan, Hingga Tradisi Budaya yang Mengesankan”

Memiliki teritorial yang strategis, berbatasan langsung dengan Samudera Pasifik di sebelah Utara, Laut Halmahera di sebelah Timur, Selat Morotai di sebelah Selatan dan Laut Sulawesi di sebelah Barat. Membuat pulau ini memiliki berbagai view menakjubkan, ditunjang dengan pesona bawah laut yang memenjakan indera penglihatan.

Pulau Morotai juga mempuynai nilai historistik yang mendalam. Pada zama penjahahan, pulau ini diginakan sebagai basis pertahanan Jepang dalam perang dunia ke-2. Ada banyak peninggalan markas dari militer Jepang di Morotai, seperti gua persembunyian, landasan pesawat, kendaraan lapis baja yang masih utuh walaupun berkarat. Salah satu gua yang terkenal bernama Nakamura, yang jadi tempat persembunyian para tentara Jepang setelah Pulau Morotai diambil alih oleh Sekutu.  

Kawasan pantai yang berpasir putih serta air laut yang berwarna biru dan jernih, sangat mudah untuk ditemukan di Morotai. Terumbu karang yang anggun dan berbagai biota laut yang menakjubkan, membuat tempat ini memili banyak spot snorkling yang manawan. Maka tidak heran jika Morotai juga termasuk dalam The 10 New Bali versi Wonderfull Indonesia.

Disamping sajian pesona alam yang menakjubkan, Pulau Morotai juga menghadirkan kehangatan budaya dan bentuk sosial yang harmoni dari penduduknya. Kegiatan adat di Morotai dapat juga menjadi basis pariwisata yang mengundang banyak wisatawan. Seperti Tradisi cuci kaki, memiliki makna pembersihan/ penyucian. Tradisi ini dilakukan secara simbolis mencuci kaki dengan air saat hari-hari tertentu yaitu pada saat penjemputan tamu kehormatan. Adapun Tarian tide-tide adalah tarian khas suku Tobelo dan Galela yang mendiami Pulau Morotai. Ayo ciptakan momen liburan yang mengasyikkan disini.

Pin It

Leave a Reply