STRATEGI CERMAT MENGATUR CICILAN BULANAN

 

 

 

Mengelola pos keungan memang harus rinci dalam urusan pengeluran, keseimbangan antara devisa dan belanja haru dijadikan prinsip dalam mengatur keuangan. Boleh saja kamu berhutang, saat membutuhkan suatu barang yang membantu kamu untuk produktif. Dalam artian benda yang menunjang pekerjaan seperti transportasi, komputer atau laptop, smartphone, dan alat elektronik lainnya. Menggunkan sistem kartu kredit, dapat mengatur cicilan dengan sehat, akan tetapi kita juga harus memfilter dengan baik fitur dan promo yang diberikan oleh provider kartu kredit.

  1. CATAT ARUS KAS DENGAN TERTIB,

Arus kas atau cash flow yang ideal dapat membantu kamu dalam memantau keuangan kamu stiap bulannya. Kamu bisa mengaturnya dengan menggungakan excel, catat secara rinci antara pemasukan dan pengeluaran. Dengan menngunakan kode transaksi, kamu akan tahu tujuan uang itu keluar.

  1. BOLEH PAKAI KARTU KREDIT SECARA TERTIB,

Kamu dapat melebarkan alur kas kamu. Menyisihkan keuangan sisa menjadi tabungan. Dari situlah kamu merasakan hasil, dari upaya menggunakan kartu kredit secara tertib.

  1. MANFAATKAN CICILAN 0%,

Jangan malu untuk membeli barang dengan cicilan 0%, karena dengan cicilan 0% tersebut kamu dapat menekan pengeluaran barang yang terlalu mahal. Tapi jangan lupa untuk disiplin dalam membayar angsuran yah.

  1. PIKIRKAN JANGKA WAKTU PIKIRAN UTANG,

Idealnya jangka utang yang baik itu 3-6 bulan untuk harga barang yang tidak terlalu tinggi. Untuk yang cukup tinggi, kamu maksimalkan menjadi 12 bulan, agar beban pengeluaranmu tidak membengkak.

  1. UTANG MAKSIMAL 30% DARI GAJIAN BULANAN,

Wajib menggunanakan rumus 40-30-30 dalam mengatur keuangan. Komposisinya 40% untuk pengeluran kebutuhan, 30% untuk cicilan, dan 30% untuk investasi. Dengan menggunakan rumus itu, kamu dapat dengan lancar menjalankan keuangan bulanan.

Begitulah, langkah yang cermat dalam mengatur cicilan bulanan. Jalankan dengan segera dan maksimalkan. Kamu akan merasakan hasilnya, dengan terus mengembangkan keuangan yang lebih efesien.

 

 

Pin It

Comments are closed.