4 TIPS KESALAHAN PENGATURAN KEUANGAN MENJELANG RAMADHAN

Menjelang lebaran, sebagaian besar dari kamu yang bekerja pasti tidak sabar untuk mendapatkan THR (tunjangan hari raya). Gaji bulanan menjadi dua kali lipat dari biasanya dan merasa ada uang tambahan. Nah, terkadang adanya uang tambahan ini justru membuatmu kalap dan lupa untuk tetap mengatur keuanganmu. Berikut beberapa tips yang tidak boleh kamu lakukan kesalahan-kesalahan finansial:

financeDana lebaran tidak cuma dari THR

Sebenarnya kamu menyadari kalau lebaran itu datang di tiap tahunnya, tapi anehnya kenapa kamu tidak punya persiapan atau menyisihkan sebagian dari gaji? Coba mulai menyisihkan 10% di tiap bulannya, maka dana untuk lebaran pasti tak akan terasa berat.

Euforia belanja baju baru

Budaya membeli baju baru saat lebaran merupakan budaya turun temurun, hingga memperbaharui perabotan rumah tangga yang baru. Tidak harus beli baju dan perabotan baru selama masih bisa digunakan dengan baik. Dengan begitu kamu bisa menghemat pengeluaran tahun ini dan menggunakannya untuk keperluan lain.

Lupa menghitung pengeluaran selama bulan Ramadhan

Terlalu asyik menjalin silaturahmi dengan kerabat sambil buka bersama setiap harinya sampai lupa menghitung dana yang kamu keluarkan selama bulan Ramadhan. Jangan Cuma memikirkan liburan saat lebaran tiba, tetapi juga pengeluaran dan pemasukan selama ramadhan harus dipertimbangkan dengan cukup imbang.

THR habis sesaat

Sebagian besar THR yang kamu terima sesaat dihabiskan ketika lebaran. Padahal, kalau dipikirkan THR bisa digunakan untuk memperbaiki keuangan kamu tahun berikutnya. Sisihkan saja sekitar 20-30% dari sejumlah THR yang kamu terima.