6 TIPS SEDERHANA MENJAGA KESEHATAN JANTUNG


Jantung merupakan organ vital yang bekerja tak kenal waktu, memiliki fungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh untuk melangsunkan aktivitas. Maka dari itu merawat kesehatan jantung menjadi skala prioritas, agar terhindar dari berbagai penyakit yang dapat merusakanya. Berikut pilihan gaya hidup yang dapat menjaga kesehatan jantung, diantaranya ;

Rajin Melakukan Aktivitas Fisik (Olahraga), semptakan waktu berolahraga sekitar 20-30 menit setiap harinya, karena aktivitas ini dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Mengonsumsi Lebih Banyak Serat, makanan yang mengandung serat akan menurunkan kadar kolestrol jahat. Serat bisa didapatkan dari buah-buahan, sayuran, gandum, kacang, dan sereal  dengan mengonsumsinya 30 gram perhari. Pastinya diimbangi dengan maksimal mengonsumsi air mineral.

Mengonsumsi Ikan, makanan yang mengandung kemak omega-3 dapat mencegah penyakit jantung. Kamu dapat memiliki bergam makanan yang mengandung omega-3 diantaranya sarden, tuna, dan salmon. Mengonsumsi secara teratur dua kali seminggu, dapat membuat kesehatan jantung anda stabil.

Menjaga Tekanan Darah, tekanan darah tinggi dapat menyebabkan pecahnya pembulu darah. Maka lakukan olahraga secara rutin, mengurangi asupan garam, serta membatasi minuman beralkohol, Beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mencegah tekanan darah tinggi.

Menjaga Kadar Gula Darah, gula darah tinggi dapat merusak pembuluh darah dan saraf yang mengendalikan jantung serta pembuluh darah. Upaya untuk mengurangi risiko diabetes adalah mengganti nasi putih dengan nasi merah, dan mengurangi asupan gula.

Istirahat Yang Cukup, Kurang istirahat dapat meningkatkan risiko terkena penyakit darah tinggi, diabetes, dan serangan jantung. Maka diwajibkan untuk mengatur waktu tidur  yang ideal yaitu 7-8 jam sehari.

Pin It

Comments are closed.