ALKISAH BY RIO MOTRET

alkisah

Mendengarkan cerita rakyat menjadi salah satu memori bagi anak-anak semasa ia kecil. Cerita rakyat khas Indonesia secara garis besar tidak berubah, masih tetap menarik dan menghibur, Namun cara penyampaiannya belum bisa menarik pemuda pemudi zaman sekarang. Hal tersebut yang mengakibatkan cerita rakyat kita perlahan pudar seiring berjalannya waktu.
Melihat kondisi tersebut, seniman-seniman Indonesian mencoba mengemas cerita rakyat dengan versi masa kini. Salah satunya adalah seniman fotografi Rio Motret. Sosok pria yang dikenal melalui karya fotografinya di media sosial Instagram ini (@Riomotret) telah melangsungkan pameran fotografi berjudul “ Alkisah ”.

alkisah 2

alkisah 6

alkisah 5

alkisah 3

Pameran tunggal ini juga diadakan dalam rangka memperingati 10 tahun Rio Motret berkarir di industri fotografi. Nama-nama besar dari kalangan selebriti dan pekerja seni Indonesia seperti Andhika Pratama, Iwan Tirta, Ivan Gunawan, Bimo Permadi, Rama Jee dan lainnya membantu mewujudkan 17 gambar cerita rakyat yang diangkat. Salah satunya ialah foto Ivan Gunawan dengan Jessica Iskandar dalam cerita rakyat Timun Mas yang dipamerkan dalam bingkai berukuran 180 x 120 cm.
Acara ini sebelumnya sukses diadakan di salah satu pusat perbelanjaan di bilangan Jakarta Pusat, kesuksesan tersebut membuat Bakti Budaya Djarum Foundation dan Ciputra World Surabaya berinisiatif untuk membawa gelaran ini ke kota Pahlawan untuk pertama kalinya, tepatnya di Oval Atrium Ciputra World Surabaya. Pameran yang telah diselenggarakan pada tanggal 2-7 November diharapkan dapat menginspirasi masyarakat Indonesia dalam mencintai dan mengenal kembali budaya sendiri.

alkisah 4

Pin It

Comments are closed.