BERBURU KEBERUNTUNGAN EKSOTISME BLUE FIRE BONDOWOSO – JAWA TIMUR DI KAWAH IJEN

Kawah ijen adalah salah satu gunung berapi yang masih aktif di wilayah jawa timur. destinasi wisata minat khusus ini memang agak menarik, selain tempatnya yang sangat ekstrim tetapi perjalanan menuju ke kawah adalah bukan perjalanan yang mudah. Tetapi apapun halangannya blue fire atau lava biru kawah ijen akan selalu menjadi magnet yang tidak akan pernah berhenti menarik minat wisatawan untuk menikmati keindahannya. Di tambah lagi blue fire kawah ijen adalah fenomena yang sangat langka dan hanya beberapa saja di dunia.

kaweah ijenLokasi kawah kawah ijen sendiri berada di antara perbatasan 2 kabupaten yaitu kabupaten bondowoso dan banyuwangi. Ada beberapa jalur jika ingin menuju kawah ijen, yaitu melewati jalur Situbondo dan jalur yang melewati Banyuwangi, Jalur utara melewati kota situbondo, langsung saja menuju ke arah Sempol (Bondowoso) melewati Wonosari lalu perjalanan diteruskan menuju ke Paltuding. Jarak antara Situbondo menuju Paltuding kurang lebih 93 km dan dengan kondisi jalan raya yang mulus, perjalanan bisa ditempuh kurang lebih sekitar 2-3 jam. Jalur selatan melewati kota Banyuwangi langsung saja mengambil jurusan ke daerah Licin yang berjarak sekitar 15 km, Dari Licin langsung saja ke arah Paltuding yang berjarak sekitar 18 km dan perjalanan hanya memakan waktu kurang lebih 1 jam saja.

IMG_6581-01-01-01-01Untuk memasuki kawasan wisata Kawah Ijen, para wisatawan akan dikenakan biaya tiket masuk ± Rp. 5.000,- untuk wisatawan domestik dan Rp. 15.000,- untuk wisatawan mancanegara. Sedangkan bagi kamu yang ingin menikmati eksotisme blue fire waktu yang sangat disarankan adalah pada pukul 11 malam kamu sudah harus bergeser menuju puncak kawah ijen untuk kemudian bergeser menuju dasar kawah menyusuri jalan setapak para penambang belerang. Saat cuaca baik kamu akan dapat menikmati fenomena blue fire dengan baik. Namun, sebagai saran buat kamu yang datang ingin menikmati fenomena blue fire wajib menggunakan masker dan juga oksigen portable.

Pin It

Comments are closed.