BIJAK MENGELOLA GAJI AGAR TIDAK LUDES TANPA MAKNA

salaryAkhir bulan menjadi hari yang ditunggu bagi para pekerja untuk kembali menyambung sebulan ke depan serta keriangan rasa puas menerima gaji bulanan yang masuk ke rekening. Euforia awal bulan ini akan memunculkan hasrat untuk beli baju baru, makan di tempat mahal, dan masih banyak lagi. Hasilnya sadar atau tidak sebelum akhir bulan tiba-tiba gaji kamu sudah ludes entah kemana.Untuk menghindari tragedi kehabisan uang tersebut, berikut beberapa tips mengelola gaji yang bisa kamu terapkan mulai hari ini :

Belajar meredam rasa

Setiap kamu mendapatkan notifikasi bahwa gaji sudah sukses masuk ke rekening kamu, langsung seketika sisihkan gajimu dengan tagihan harus segera dibayarkan seperti tagihan listrik, belanja bulanan, uang makan dan tagihan lainnya.

Miliki dua atau lebih rekening bank

Buat dua rekening bank yang berbeda; satu rekening untuk kebutuhan sehari hari , menerima gaji, bayar tagihan dan belanja. Rekening yang lain pilih dengan administrasi paling rendah agar tidak terlalu banyak potongan setiap bulan dan rekening yang ini gunakan untuk menabung.

Menabung di awal bulan

Sisihkan 10 % gaji kamu untuk ditabung. Tidak hanya itu; catat dan kumpulkan setiap nota belanja karena akan membantu mengendalikan besar pengeluaran serta menekan keinginan untuk membeli hal-hal yang tidak tertulis di anggaran.

Selalu simpan recehan

Jangan sepelekan uang receh yang kamu kumpulkan tiap harinya karena akan sangat berguna di saat kamu membutuhkan uang kecil untuk parkir atau membeli sesuatu. Ini juga bisa mencegahmu untuk memecahkan uang besar yang kamu punya.

10 % untuk pembangkit semangat

Last but not least, sisihkan pendapatan dari gaji bulanan untuk orang tua sebesar 10 % gaji kamu. Ke depan tabungan ini sangat berguna apabila ada kebutuhan mendadak dan urgent salah satunya misal orang tua jatuh sakit atau ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.