CARA SANTAI HADAPI PENGELUARAN LEBARAN

finance

Pengeluaran menjelang lebaran kerap tak terkira besar nominalnya sehingga tak sedikit orang yang akan keteteran mengontrolnya. Berikut tips mengatur keuangan dalam menyambut hari raya Lebaran mendatang:

KONTROL BUDGET

Mulai sisihkan pemasukan yang kamu miliki dengan bijak bahkan saat memulai puasa. Rinci dengan detail semua pengeluaran bulan puasa seperti belanja kebutuhan lebaran, sedekah, zakat, dan lain-lain. Kalkulasikan semua kebutuhan dengan menambah anggaran 10 % untuk biaya tak terduga.

SELEKTIF

Selektif disertai menahan diri merupakan cara tepat untuk menjaga pengeluaran sesuai dengan rencana, misalnya undangan buka puasa disesuaikan dengan budget sehingga bisa ditentukan mana undangan yang menjadi prioritas.

ATUR JADWAL BELANJA

Riset terlebih dulu waktu yang pas untuk belanja. Selektif tak hanya soal baju lebaran saja, melainkan makanan hingga tiket mudik juga harus diperhitungkan. Cara ini bisa membantu agar tak terpancing belanja lebih banyak atau tergoda diskon barang yang sebenarnya tak dibutuhkan.

KREATIF

Kreativitas juga menjadi salah satu cara efektif untuk menekan pengeluaran saat lebaran. Misalnya dengan menekan pengeluaran saat buka puasa dengan menu sederhana. Atau kamu juga dapat menggunakan perlengkapan lebaranmu di tahun lalu untuk menekan pengeluaran berlebih. Bisa juga kamu mencari peluang pemasukan lain dengan menjadi reseller atau penjual kue lebaran.

 

 

 

 

Pin It

Comments are closed.