IED MUBARAK (BUDAYA UNIK SAAT LEBARAN)

Sebagian dari kamu pasti menunggu-nunggu datangnya hari Lebaran, menunggu saat-saat berkumpul bersama keluarga. Mengobati rasa kangen yang telah lama tidak berjumpa dengan kesibukan masing-masing. Berikut beberapa pembaca CityMagz berbagi cerita mengenai budaya atau moment unik saat merayakan Lebaran

RICKO

rickoAku berasal dari desa kecil, jadi nuansa lebaran di desa itu lebih terasa kedekatannya dengan tetangga. Lebaran diawali dengan makan opor di rumah eyang putri, kemudian silaturahmi dari pintu ke pintu ke rumah tetangga terdekat dan saudara hingga kerabat. Sehari sebelum lebaran, aku dan komunitasku mengadakan acara charity di desa terpencil yang meliputi social-empowerment, education, fun, berbagi bingkisan ramadhan, dan lain-lain.

NIKE NOVENTA

nikeHal unik yang aku lakukan dengan keluarga saat lebaran sama seperti yang biasa dilakukan sewajarnya sih. Shalat ied bersama, keliling dari rumah keluarga tertua bermaaf-maafan, hingga menikmati hidangan wajib yang selalu ada saat lebaran seperti opor ayam dan ketupat. Tapi uniknya adalah ketika ponakan dan sepupu yang paling kecil yang belum kenal sama aku, tapi sudah menodongkan kedua tangan biar dikasih angpao.

CHOKY SAPUTRA

chokyKebiasaan unik waktu lebaran selama 6 tahun belakangan sejak tidak ada ibu adalah setiap mau lebaran kami menelpon saudara minta dikirimkan makanan berat (sambel goreng ati-opor, ayam-sayur nangka) ke setiap sodara yang mau ke rumah. Karena ayah adalah anak pertama, mau tak mau harus dibawakan dong. Sementara kalau kue – kue kering kami sediakan. Ini namanya menghemat kan, good idea kalau tidak ada pembantu tapi masih bisa dapat stock makanan banyak selama lebaran!

NUGIE

nugieHal yang paling unik saat lebaran adalah ketika keluarga yang sudah bekerja wajib untuk naik ke lantai rumah paling atas, sementara ponakan atau sepupu yang belum bekerja berada di lantai paling bawah. Kemudian kami yang sudah bekerja wajib menebarkan angpao entah itu seribuan, lima ribuan hingga seratus ribu ke bawah. Itu seru sih, eyang sampai buyut juga ikut tertawa sampai hampir nangis.