NABUNG DENGAN BENAR

Jangan keburu mengasosiasikan nabung dengan gaya hidup hemat yang serba pelit. Mari ubah cara pandang bahwa menabung adalah membayar untuk diri sendiri tapi di masa depan. Dengan begitu, isi tabungan Anda bukan lagi recehan sisa. Idenya, jadikan menabung sebagai fokus utama dengan cara lakukan di awal terima penghasilan. Memang lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, namun jika Anda menggunakan langkah-langkah berikut, dana rekening Anda tidak akan kembang kempis lagi.

  1. MULAI! Sisihkan 10% penghasilan Anda berikutnya ke rekening terpisah, jika perlu gunakan celengan sederhana. Dalam hal ini, aksi lebih penting dari perencanaan.
  2. BERI JUDUL Liburan ke Bali, beli laptop baru, update smartphone, uang muka motor; apa saja bisa menjadi judul bagi tabungan Anda. Secara tidak sadar, judul ini akan memberikan efek psikologis untuk membantu Anda fokus mencapainya. Untuk level pemula, satu judul cukup untuk memulai dan membuat Anda terbiasa dengan prosesnya.
  3. PERIKSA PROGRESS Ada proses maka ada progress. Tentukan tahapan-tahapan kecil dimana Anda memeriksa kemajuan Anda. Jika ada penyimpangan, dengan rutin memeriksa, Anda akan dengan mudah kembali ke jalan yang tepat.

 

Yasmeen Danu
Planner
QM Financial
Spazio Office Building, 6th floor, suite s632, komplek Graha Festival kav 3
Jl. Mayjend Yono Soewoyo, Graha Family, Surabaya
Tel. +62 31 990 012 41