SURGA DI KAKI MAHAMERU

DSCF0611Ranu Kumbolo merupakan salah satu objek wisata  paling terkenal di daerah Jawa Timur yang berada di jalur pendakian Gunung Semeru. Terletak di ketinggian ± 2400 Mdpl, Ranu Kumbolo menawarkan suasana alam yang asri dan udara segar yang bisa jadi salah satu tempat pelarian buat kamu yang menginginkan ketenangan dan jauh dari hingar bingar tengah kota. Harmoni yang disajikan alam Indonesia di kaki Mahameru ini akan memberi sebuah kedamaian bagi para pendakinya.

Untuk menuju ke Ranu Kumbolo kamu bisa menggunakan akses kendaraan roda 4 maupun 2 dengan menempuh perjalanan selama 1 jam dari Malang dan 45 menit dari Lumajang. Sesampainya di pos pemeriksaan kamu akan dimintai data diri dan identitas, serta wajib membayar biaya masuk sebesar Rp 25.000,-. Diperlukan persiapan ekstra sebelum memulai petuangalanmu menuju Ranu Kumbolo dikarenakan medan yang cukup menantang serta suhu udara yang bisa mencapai minus 5 derajat celcius.

Perhentian pertama adalah Lendengan Dowo dilanjutkan menuju Watu Rejeng yang juga menawarkan pesona pemandangan yang tak kalah indah sebelum akhirnya tiba di Ranu Kumbolo.

Walaupun menawarkan keindahan danau yang mempesona, kamu dilarang untuk berenang di sini apalagi mandi dan buang air kecil atau besar. Kamu hanya boleh diperbolehkan untuk mengambil air dan memancing di danau guna tetap menjaga lestarinya Ranu Kumbolo. Tak hanya danau dan pemandangan gunung, kamu juga akan mendapati sebuah jalan setapak dengan kemiringan 45 derajat  menuju bukit yang sering disebut sebagai tanjakan cinta karena dianggap memiliki magnet tersendiri bagi para pendaki. Mitosnya adalah siapapun yang berhasil mencapai puncak bukit tanpa menoleh ke belakang, maka cintanya akan kekal abadi.