TIPS MENJAGA KESEHATAN BAGI PENGGEMAR TEKNOLOGI

Dalam perkembangan dunia digital yang semakin pesat, berdampak pada
kehidupan manusia yang tidak dapat lepas dari teknologi. Berinterakasi
dengan peralatan teknologi terutama komputer ataupun smartphone, menjadi kebutuhan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Semua lini kehidupan bergantung terhadap peran teknologi, maka dari itu penggunaan teknologi benar-benar luas. Berikut tips bagaimana cara menjaga kesehatan bagi kamu para pelajar, pekerja, ataupun pecinta smartphone.
Atur Jarak Pandang
Jarak pandang terbaik adalah 30cm- 50cm dengan posisi duduk tegap. Dengan ukuran jarak yang normal, pengguna komputer tidak perlu untuk susah payah untuk menentukan fokus, selebihnya kedua mata tidak akan cepat lelah.
Sesuaikan Kecerahan Monitor
Usahakan untuk mengatur layar monitor tidak terlalu cerah atau terlalu gelap agar tidak kesulitan untuk melihat layar. Sebaiknya tambahkan screen protector pada layar monitor, agar membuat mata untuk tetap fresh.
Maksimal Duduk Selama 3 Jam
Duduk terlalu lama akan menimbulkan efek yang sangat buruk untuk kesehatan, karena dari penelitian dalam setiap jam duduk dapat meningkatkan kadar plak di pembuluh darah arteri sebesar 14%.
Jika sudah terlalu lama duduk dalam pekerjaan, lakukan aktifitas ringan seperti jalan ke halaman kantor atau pantri ntuk mengambil minum.
Sempatkan Dengan Olahraga Ringan
Lakukan peregangan tangan dan kaki, rentangkan kedua tangan keatas,
kemudian turunkan dan lakukan 2 kali dalam hitungan 1-8. Untuk bagian leher dan pundak regangkan dengan menoleh kanan dan kiri secara bergantian.
Wajib Lakukan Senam Mata
Dengan memijat kelopak, memutar mata, melirik ke semua arah, dan mengalihkan pandangan sejenak dari layar ke sesuatu yang lebih natural, atau menghangatkan mata dengan telapak tangan, mata akan kembali segar dan siap untuk bekerja kembali.

Pin It

Comments are closed.